ARTIKEL
- 04 Jun 2021

5 Cara Mengatasi Bau Tak Sedap di Dapur

Dapur adalah tempat yang sangat penting untuk keluarga, karena di sinilah menu-menu makanan hadir. Untuk itu, dapur harus benar-benar bersih agar menjamin makanan tetap higienis, lezat, dan sehat. Selain itu, dapur kotor bukan hanya berpotensi menjadi sarang penyakit, tetapi juga menyebabkan bau yang mengganggu kenyamanan.

Dapur bau merupakan masalah besar yang harus diselesaikan. Biasanya bau ini muncul dari sisa makanan yang mengendap di bak pencuci piring dan tempat sampah. Selain itu, bau ini bisa juga berasal dari sisa-sisa makanan, seperti ikan, daging, hingga telur. Untuk menghilangkan bau itu diperlukan beberapa trik khusus sebagai siasat ampuh membuat dapur kembali nyaman.

Simak 5 tips berikut untuk mengatasi bau tak sedap di dapur!

 

Bubuk Kopi

Kopi bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai minuman saja, tetapi bubuk kopi ternyata juga bisa menyerap bau di dapur. Hal itu disebabkan karena bubuk kopi terdapat kafein yang di dalamnya terdapat nitrogen, dan melalui nitrogen ini yang mampu meningkatkan karbon untuk membersihkan bau di udara. Untuk penggunaannya, percikkan bubuk kopi di sudut-sudut ruangan, dan biarkan semalaman lihat hasilnya.

 

Kayu Manis

Kayu manis bisa menghasilkan aroma yang kuat di ruangan, dan bisa digunakan untuk menghilangkan bau. Tak hanya itu, kayu manis juga bisa membuat suasana menjadi hangat. Cara pemakaiannya, tempelkan tangkai kayu manis mengelilingi lilin yang dinyalakan. Hawa panas dari kayu manis akan membuatnya mengeluarkan aroma yang khas.

 

Lemon

Bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dan bahan minuman, lemon juga sangat ampuh untuk mengatasi bau ruangan. Hal itu karena lemon memiliki kandungan citrus yang bisa menyerap bau. Untuk cara penggunaannya, letakkan begitu saja lemon yang sudah dipotong-potong pada ruangan. Atau, bisa juga lemon untuk membersihkan kotoran-kotoran di dapur, dengan cara mengelap kotoran menggunakan lemon yang dicampur air.

 

Baking Soda

Salah satu bahan paling ampuh untuk menghilangkan bau adalah baking soda. Tak hanya bisa menghilangkan kotoran, baking soda juga efektif sebagai pengharum ruangan. Caranya, tambahkan satu sendok makan baking soda ke dalam air, kemudian tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Taruh di sudut-sudut dapur Anda, dan diamkan sampai bau itu hilang.

 

Arang

Arang merupakan kayu yang dikarbonisasi melalui pembakaran. Namun, ternyata arang bisa menyerap bau tak sedap. Kelebihan arang sebagai penetralisir bau adalah bahan ini murah, bisa didapatkan dengan mudah, dan awet. Cara pemakaiannya cukup sederhana, tinggal letakkan beberapa potong arang di dekat sumber bau. Biarkan arang menyerap bau tak sedap itu selama beberapa hari.

 

Masalah yang sederhana bisa menjadi masalah besar apabila tidak ditanggulangi dengan baik. Salah satu masalahnya adalah bau tak sedap di ruangan. Apabila tidak segera ditanggulangi, bau itu bisa saja menyebar ke ruangan lain dan mengganggu kenyamanan, dan yang paling mengkhawatirkan adalah bau itu merusak cita rasa menu hasil olahan dapur. 

Agar dapur selalu bersih bebas bau, yuk atasi menggunakan bahan-bahan di atas!