ARTIKEL
- 28 Dec 2020

Kenali Jenis Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Hai Kimbo Fams, siapa yang sering menyimpan segala sesuatu di dalam kulkas secara sembarangan? Anggapannya sih agar semuanya lebih dingin dan awet. Tapi tahukah kalian, jika ada beberapa makanan yang justru tak boleh disimpan di dalam kulkas.

Tidak semua bahan makanan itu cocok dimasukkan ke dalam kulkas. Ada beberapa jenis bahan makanan yang tidak tahan dingin dan akan cepat busuk apabila dimasukkan ke dalam kulkas. Ada juga bahan makanan yang butuh sirkulasi udara ruangan, sehingga akan menghilangkan aroma dan rasa apabila disimpan ke dalam kulkas.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Yuk, simak selengkapnya!

 
Bawang merah dan putih

Suhu dingin pada kulkas membuat tekstur bawang merah dan putih menjadi kenyal dan kusam, khusus untuk bawang putih akan cepat berjamur ketika disimpan di dalam kulkas. Bahkan, jika terlalu lama menyimpannya akan kedua jenis bawang ini akan berubah warna dan busuk. 

 
Minyak goreng

Menyimpan minyak di dalam kulkas sebenarnya sah-sah saja, karena minyak akan tetap lebih awet dan tahan lama. Namun, minyak goreng yang disimpan di kulkas akan menjadi padat, sehingga waktu kamu akan banyak tersita hanya untuk mencairkan dulu. 

 

Kemangi

Kemangi adalah jenis sayur lalap yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Biasanya kemangi sering dihidangkan bersama menu daging atau ikan. Namun, sedikit orang mengerti cara menyimpan kemangi dengan benar. Bahkan, ada orang menyimpan kemangi ke dalam kulkas, akibatnya kemangi menjadi layu, aroma dan rasanya juga menjadi hilang.

 

Madu

Suhu dingin pada kulkas dapat mengakibatkan tekstur madu menjadi kristal. Sehingga butuh waktu yang lama untuk kembali cair seperti semula. Sebaiknya, cukup simpan madu dalam wadah tertutup rapat di lokasi yang sejuk dan pastikan jauh dari paparan sinar matahari.

 

Tomat

Tomat yang disimpan dalam suhu dingin akan lebih cepat matang. Sehingga apabila tomat yang sudah matang disimpan dalam kulkas, justru akan membuatnya cepat membusuk. Penyimpanan terbaik tomat adalah di tempat yang memiliki sirkulasi udara lancar dengan suhu ruangan. 

 

Melon

Kesalahan orang ketika menyimpan melon di kulkas adalah menyimpannya utuh. Justru, hal ini membuat kandungan antioksidan pada melon menjadi berkurang. Cara terbaik menyimpan melon ke dalam kulkas adalah dengan memotong-motongnya.

 

Kopi

Sebagian orang yang membeli biji kopi terlalu banyak justru menyimpannya di dalam kulkas dengan harapan lebih awet. Namun, kelembaban udara di kulkas justru membuat aroma biji kopi hilang, karena kopi punya kecenderungan menyerap bau menyerap di sekitarnya.



Menyimpan produk atau bahan makanan secara tepat adalah kunci agar kualitas dan cita rasa tetap terjaga. Seperti itu juga apabila menyimpan produk KIMBO, ada yang harus disimpan di lemari pendingin dan ada yang hanya perlu disimpan di suhu ruangan. Melalui cara penyimpanan yang tepat, umur simpan dan rasa produk dapat terjaga hingga ketika digunakan.

Nah, mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat bagi Kimbo Fams semua. Terutama bagi kalian yang masih menyimpan ke dalam kulkas berbagai makanan tanpa tahu jenisnya. Jangan lupa share tulisan ini buat sahabat atau keluarga kalian yaa!