ARTIKEL
- 02 Feb 2021

Alat Praktis untuk Mengasah Pisau Dapur

Pisau yang tajam akan membantu untuk melakukan berbagai pekerjaan dapur dengan mudah, seperti memotong daging, sosis, sayur, dan lain sebagainya. Dengan pisau yang baik, memasak jadi lebih lancar. Anda tak perlu kesulitan untuk memotong bahan yang alot atau keras, bahkan hasil potongannya akan lebih rapi jika menggunakan pisau yang baik.

Namun, ketajaman pisau akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Apalagi jika, Anda menggunakan pisau itu untuk memotong daging berlemak atau sayuran bergetah. Hal itu membuat permukaan pisau cepat tumpul, bahkan jika terlalu lama didiamkan akan menyebabkan berkarat.

Jika pisau tak lagi tajam, maka jangan terburu-buru untuk membuangnya. Barangkali pisau hanya perlu diasah saja agar bisa kembali digunakan dengan baik. Berikut ini beberapa alat praktis untuk mengasah pisau dapur yang harus kamu ketahui.

 

  • Gunakan batuan pengasah

Alat ini termasuk yang cukup awam dipakai, tetapi cukup efektif untuk membuat pisau kembali tajam. Caranya adalah basahi batuan pengasah. Genggam pisau membentuk sudut 22 derajat dari bidang batu asah, lalu goreskan pisau pada sisi batu sebanyak mungkin sampai permukaan pisau kembali tajam.

 

  • Gunakan stik baja penajam

Salah satu alat untuk mengasah yang paling efektif adalah baja penajam. Alat ini sangat efektif untuk mengasah pisau yang khusus digunakan untuk memotong bahan yang tajam, karena baja memiliki permukaan yang cukup kesat. Namun, Anda perlu berhati-hati ya, karena apabila pegangan kurang kuat, bisa-bisa membahayakan Anda. 

 

  • Gunakan pisau lain

Apabila tak memiliki batuan pengasah atau stik baja penajam, kalian bisa gunakan pisau lain. Cara ini cukup praktis digunakan meskipun tak sebagus batuan pengasah atau stik baja. Caranya, cukup gesekkan secara berulang saja dengan pisau lain. Gesekkan antar logam yang kuat menyebabkan pisau kembali tajam.

 

  • Gunakan bagian bawah mug

Cukup balikkan mug porselen, temukan bagian yang kasar, dan asah beberapa kali hingga pisau kembali tajam. Namun, pastikan jangan terlalu sering mengasah menggunakan mug yang sama, karena akan merusak bagian bawah mug. Atau untuk solusi lain, lebih baik gunakan mug yang tak terpakai.

 

  • Gunakan amplas

Amplas memiliki tingkat kekasaran yang baik untuk mengasah pisau. Alat ini merupakan solusi jangka pendek untuk masalah pisaumu. Namun hati-hati, apabila terlalu sering menggunakan ampas, pisau Anda menjadi tergores tak rapi.

  • Gunakan batuan kali

Batuan kali juga bisa untuk mempertajam pisau, meskipun tak seefektif batuan pengasah. Namun, selalu pastikan bersihkan terlebih dahulu batuan kali, sebab batuan kali sarat akan kotoran yang menempel. 

 

Pisau bisa dibilang alat utama yang digunakan dalam dapur. Jika pisau menjadi tumpul, otomatis proses memasak Anda jadi terhambat. Sehingga, Anda harus memastikan pisau benar-benar tajam untuk menunjang kreasi masakan Anda.

Yuk, share informasi ini kepada orang-orang dekat agar mereka lebih tahu tentang cara mempertajam pisau yang tumpul!