ARTIKEL
- 07 Jun 2021

Begini Cara Mengatasi Masakan yang Terlalu Pedas

Masakan pedas sudah menjadi ciri khas masakan Indonesia. Sebut saja, seblak, dendeng balado, hingga mie aceh. Namun, bagaimana jika kita membuat masakan yang ingin tak terlalu pedas, justru hasilnya sangat pedas? Nah, ini yang menjadi persoalan besar saat berkreasi di dapur. 

Masakan yang terlalu pedas tidak nikmat untuk disantap bagi sebagian orang yang bukan penikmat pedas.  Mengingat, tak semua orang tahan akan rasa pedas. Selain itu, ada juga orang yang menganggap masakan yang terlalu pedas bisa merusak rasa makanan. 

Apabila menjumpai itu semua, kalian tidak perlu khawatir. Simak saja tips berikut ini untuk memperbaiki makanan yang terlalu pedas!

 

Tambahkan gula

Seperti halnya madu atau kecap manis, gula juga bisa memberikan rasa manis yang bisa mengatasi masakan yang terlalu pedas. Gula membantu menetralkan pedas karena menyerap minyak hingga mengubah rasanya. Namun, ingat ya, jangan lupa mencicipi kembali masakan, apabila menambahkan gula yang banyak. Jangan sampai rasa makanan menjadi tidak sesuai yang Anda inginkan.

 

Tambahkan susu atau santan

Susu dan santan bisa membuat efek ‘mendinginkan’ yang dapat menetralisir rasa pedas. Selain santan dan gula, Anda bisa menambahkan sour cream atau yoghurt yang mempunyai rasa hambar. Namun perlu diingat, apabila Anda menambahkan bahan-bahan ini sebaiknya gunakan api yang kecil, supaya teksturnya tidak menggumpal pada sajian hidangan Anda.

 

Tambahkan cairan asam

Cara ini biasa digunakan para koki masakan Thailand yang menggunakan banyak cabai dan bumbu pedas di dalamnya. Mereka biasa menggunakan jus jeruk nipis atau cuka sebagai penyeimbang. Selain itu, bisa juga menambahkan saus tomat sebagai penetralisir. Cara ini memang patut untuk dicoba, karena terbukti ampuh menetralisir masakan yang terlalu pedas.

 

Tambahkan selai kacang

Siapa yang menyangka ternyata selai kacang tak hanya berfungsi sebagai bahan untuk roti, tetapi juga bisa menyeimbangkan rasa pedas pada masakan. Caranya, cukup tambahkan satu sendok selai kacang ke dalam masakanmu, lalu cicipi perlahan. Selai banyak dipilih untuk mengurangi rasa pedas, karena selai tak begitu terasa cecapannya, tetapi ampuh mengurangi rasa pedas.

 

Disajikan bersama makanan lain yang rasanya hambar

Salah satu cara mengurangi masakan yang terlalu pedas tanpa menambahkan bahan lain ke dalam masakan adalah menghidangkannya bersama makanan lain yang hambar, seperti nasi, pasta, roti, atau kentang. Tentu saja menghidangkan bersama makanan hambar yang berkarbohidrat ini harus disesuaikan dengan menunya. 

Ada banyak cara untuk menyelesaikan persoalan kreasi masakan di dapur. Jangan sampai hanya karena masakan terlalu pedas, Anda justru membuang hidangan itu secara percuma, sehingga Anda menjadi kehilangan waktu dan tenaga. Oleh karena itu, terapkan tips di atas agar Anda bisa menyajikan hidangan spesial untuk keluarga tercinta.

Yuk, share tulisan ini apabila bermanfaat untuk orang-orang di dekat Anda!