ARTIKEL
- 29 Jun 2022

Begini Trik Ampuh Bersihkan Teflon Gosong

Teflon adalah alat penting untuk olahan masakan di dapur. Namun, ketika digunakan secara lama atau setelah memasak bahan tertentu biasanya cepat gosong. Untuk itu, penting kamu tahu cara praktis untuk membersihkan teflon gosong. Berikut ini cara-caranya!

 

Air soda

Kalau punya air soda yang tak terpakai, sebaiknya jangan langsung dibuang. Namun, ternyata bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan wajan yang gosong. Caranya mudah, hanya cukup membilas bagian yang gosong dan biarkan selama kurang lebih dua jam. Setelah itu, bersihkan dengan bilas bersama air dan spons cuci piring.

 

Minyak sayur

Banyak yang kurang tahu bahwa minyak sayur juga ampuh membersihkan kerak. Caranya, bukan dengan membasuh bagian bawah teflon, tetapi dengan cara meletakkan bagian yang gosong ke atas minyak yang telah dipanaskan. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas bersama air dan spon pembersih.

 

Jeruk nipis

Bahan ini cukup ampuh karena memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Namun, bukan hanya jeruk saja yang kalian butuhkan, lengkapi dengan air mendidih dan sabun cuci piring. Caranya, cukup campurkan jeruk nipis dan sabun pencuci piring, lalu tuangkan itu semua ke dalam air mendidih. Selanjutnya, letakkan bagian bawah dan biarkan hingga semalaman. Terakhir, bilas dengan spons.

 

Abu gosok

Cara ini paling tradisional dibanding cara lain. Untuk mendapatkannya, gunakan sisa pembakaran atau beli saja di pasar. Cara menggunakannya, campur abu gosok dengan air sampai menjadi pasta. Kemudian, balur pasta tersebuk ke permukaan teflon dengan sikat. Ulangi sampai teflon bersih dan mengkilat.

 

Semoga informasi ini membantu buat semuanya. Untuk dapatkan informasi lengkap seputar resep, tips keluarga, hingga trik dapur, kunjungi saja website KIMBO di sini: https://kimbo.id/berbagi-inspirasi