ARTIKEL
- 29 Jun 2022

Cara Cerdas Menata Isi Kulkas agar Rapi

Tahukah kamu, kalau kulkas merupakan salah satu elektronik rumah tangga yang sebaiknya dijaga kebersihannya. Karena kalau kulkas nggak bersih, kulkas tersebut dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Pertanyaannya, kapan nih terakhir kali kamu membersihkan kulkas dan menata letak dengan rapi sesuai penempatannya? Padahal, menata kulkas hal yang mudah untuk dilakukan, lho! Mau tahu cara cerdas untuk menata isi kulkas? Yuk, simak tips-tips berikut.

 

Keluarkan barang yang tidak bermanfaat

Langkah pertama adalah mengeluarkan barang-barang yang tidak bermanfaat. Dimulai dari memilih barang yang sudah kedaluwarsa, sayur mayur yang sudah layu, buah-buahan yang sudah busuk, melihat stok daging yang sudah tak layak dikonsumsi. Barang-barang tersebut dapat kamu keluarkan terlebih dahulu.

 

Gunakan kontainer di dalam kulkas

Kamu dapat menggunakan beberapa kontainer tambahan agar kulkas terlihat makin rapi. Selain menambahkan kontainer, kamu bisa menambahkan pembatas laci ataupun magnet untuk menempelkan botol ataupun kaleng.

 

Gunakan label di setiap rak

kamu bisa menggunakan label nama pada setiap rak atau kontainer pada barang-barang yang telah kamu kelompokkan. Hal ini dapat membantu orang lain yang tinggal di rumah untuk tahu dimana letak barang yang mereka butuhkan.

 

Pisahkan makanan sesuai fungsi

Kamu bisa mengelompokkan makanan yang sesuai dengan fungsi dalam kulkas, agar kamu bisa mudah menemukannya. Caranya sangatlah mudah. Letakkan buah, sayuran, daging, dan ikan sesuai dengan kelompoknya.

 

Beri alas kain

Langkah yang terakhir adalah memberi alas pada bagian rak atau kontainer. Cara ini dapat menghindari noda minuman dan makanan yang mungkin saja bisa tercecer. Agar lebih mendapatkan fungsi yang maksimal, kamu dapat menggunakan alas dengan motif cerah sehinggah lebih terlihat keindahan serta kebersihannya. 

 

Nah, itu dia beberapa tips cerdas menata isi kulkas agar rapi. Yuk, mulai bersihkan dan tata kulkas di rumah sekarang! Selamat mencoba.