ARTIKEL
- 15 Apr 2022

Cara Jitu Membersihkan Dapur dari Minyak Kotor

Banyaknya noda minyak yang membadel setelah memasak, biasanya dapat membuat tampilan dapur semakin tidak enak untuk dipandang, hingga dapat akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Apabila terus dibiarkan biasanya noda tersebut akan menempel dan sangat sulit untuk dihilangkan. 

Biasanya, banyak orang hanya membersihkannya hanya dengan lap kering maupun lap basah. Namun tahukah kamu, hal tersebut tidak akan membuat noda minyak terangkat, dan sisanya masih akan menempel. 

Jadi bagaimana cara yang benar untuk membersihkan dapur yang berminyak? Simak tips-tips berikut ya!

 

  • Serap dengan tisu dan kertas koran

Kamu bisa banget menggunakan tisu dapur maupun koran untuk menyerap minyak. Tisu ataupun koran merupakan bahan yang dikenal dapat menyerap minyak. Kamu dapat melakukan cara ini ke bagian-bagian yang sering terkena cipratan minyak. Jangan lupa rutin melakukan cara ini agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Serap dengan terigu atau garam

Untuk tumpukan minyak yang tebal, kamu bisa menaburkan terigu ataupun garam beberapa saat agar minyak tersebut dapat menyerap dengan sempurna. Setelah itu kamu dapat membersihkannya dengan cara lap permukaan yang sudah ditaburkan oleh terigu atau pun garam. 

  • Memakai sabun cuci piring

Sabun cuci piring mempunyai kandungan bahan kimia berupa natrium klorida yang dapat menyerap minyak. Pertama-tama kamu bisa mencapurkan sabun cuci piring dengan air dan menyampurkannya. Kemudian usapkan dan gosok area-area yang sering terkena cipratan minyak. Setelah itu, kamu dapat membilasnya dengan air sampai noda minyak tersebut tidak terlihat. 

  • Bersihkan dengan alkohol

Alkohol yang biasanya terkenal untuk membersihkan luka, juga dapat membersihkan noda-noda minyak yang membandel. Pertama, kamu dapat menuangkan alkohol murni ke noda-noda minyak lalu tunggu beberapa saat sampai minyak menyerap, setelahnya kamu bisa membilas sisa alkohol dan minyak, dengan membasuh atau lap dengan kain yang bersih. 

  • Bersihkan dengan baking soda

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan baking soda. Buat campuran air dengan baking soda, celupkan spons ke dalam campuran air tersebut, diamkan selama 10 menit, lalu lap atau usap pada bagian yang terkena minyak. 

 

Memasak di dapur sering kali menyebabkan cipratan minyak ke segala sisi ruang, tetapi tenang saja karena selalu ada cara untuk membersihkannya. Bukan sesuatu yang susah, tetapi sederhana dan praktis. Asalkan kita selalu cermat dan rutin untuk membersihkan. 

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dapur dan kamu bisa banget tiru cara-cara di atas!