ARTIKEL
- 29 Jun 2022

Hindari Melakukan Kegiatan Ini Saat Kamu Sedang Marah

Perubahan emosi dalam diri seseorang memang hal biasa, tetapi yang jadi masalah adalah ketika kita tak mampu mengontrolnya dan emosi itu cenderung meluap-luap. Contohnya adalah amarah yang bisa menyebabkan terjadi kesalahpahaman dan ketidaknyamanan dengan diri sendiri serta orang lain.

Untuk itu, sebaiknya hindari berbagai kegiatan penting yang sangat berisiko ketika kamu marah. Simak contohnya di bawah ini!

 

Mengendarai Kendaraan

Menurut pakar psikologi, David Narang PhD, mengemudi saat marah berisiko mengakibatkan kecelakaan. Mengingat saat marah daya konsentrasimu tidak optimal. Selain itu, orang yang marah cenderung bersikap ceroboh dan agresif.

 

Membuat Keputusan

Memutuskan suatu peristiwa membutuhkan pikiran yang obyektif dan bijak. Alih-alih hasil keputusannya bisa maksimal, sebaliknya justru bisa saja kamu memutuskan hal terburuk. Hal ini berlaku buat apa saja, misal soal bisnis, pekerjaan, hingga hubungan dengan orang lain.

 

Main media sosial

Pamer kemarahan di media sosial bukanlah kebiasaan baik. Sebaliknya, mengungkapkan di media sosial justru bisa menjadi bumerang yang akan membuatmu menyesal. Sebab, kamu tak tahu siapa saja yang melihatnya, dan bagaimana niatnya. Selain itu, pastinya orang marah tak akan bisa berpikir secara sehat dan bijak.

 

Berkata kasar

Saat marah, biasanya seseorang tak bisa berpikir jernih. Sehingga bisa mengeluarkan kata-kata kasar untuk melampiaskan amarahnya. Daripada situasi justru memburuk, sebaiknya tenangkan dirimu, kalau perlu cari tempat yang tenang untuk menyendiri dan berefleksi.

 

Makan

Menurut seorang ahli psikologi, Kathy Gruver Phd, mengatasi marah dengan makan justru berdampak buruk, karena kita cenderung memilih makanan yang kurang sehat. Selain itu, makan ketika marah bisa menyebabkan sistem pencernaan tidak berfungsi optimal, sehingga menyebabkan konstipasi dan diare.

 

Semoga info ini bermanfaat bagi dirimu dan orang-orang sekitarmu!