ARTIKEL
- 29 Jun 2022

Kesalahan Kepemimpinan Usaha Kuliner yang Sering Terjadi

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampunyai visi & misi yang jelas di perushaan dan dapat memotivasi dan menginspirasi orang timnya. Memiliki kemampuan memimpin sangat diperlukan oleh seorang atasan atau manajer. Kesalahan dalam kepemimpinan juga sering kali kita temukan. Dari hal tersebut juga harus membuat seeorang pemimpin harus bisa menyadari tiap kesalahan dan mau memperbaikinya.

Apa saja sih kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi, terutama di usaha kuliner? Yuk, simak ulasan berikut ini.

 

Kurang Rendah Hati

Setiap orang pasti mempunyai egonya masing-masing. terlebih lagi jika orang tersebut mempunyai posisi atau jabatan tertentu. Sebagai pemimpin, kamu harus selalu memastikan setiap karyawan tahu bahwa jabatan tidak boleh terlalu mempengaruhi sikap profesional kepada karyawan lainnya.

 

Tidak Mau Berinovasi

Sebagai pempimpin, pastinya kamu ingin mempunyai bisnis yang sukses, kan? Kamu harus terus berinovasi dengan berbagai cara. Persaingan akan terus ada. Maka dari itu teruslah membuat ide-ide kuliner yang cemerlang dan berinovasi lebih lagi.

 

Harga Tidak Disesuaikan Dengan Kualitas

Di bidang usaha kuliner persaingan harga merupakan hal yang harus diantisipasi. Karena seringkali kompetitor sebelah akan menjual makanan yang sama dengan harga yang murah untuk menarik pelanggan. Selalu tingkatkat kualitas kulinermu dan berikan harga yang sesuai.

 

Kurang Percaya Diri

Tidak percaya diri sendiri adalah sikap yang dapat menular. Jangan sampai karyawanmu ikut meragukan kemampuan yang sudah dipunya. Kalau kamu nggak mau hal ini terjadi, maka jangan takut untuk menunjukkan apa yang bisa kamu jual.

 

Tidak Mau Mendengarkan Pendapat Orang Lain

menjadi seorang pemimpin seringkali disalahpahami sebagai yang mempunyai kekuasaan, seolah-olah memiliki privilege, dan semua perkataannya harus dituruti. Kamu harus mencoba belajar untuk mendengarkan orang lain terutama karyawanmu. Karena dari mereka, kamu bisa mendapat Insight yang lebih baik lagi.

 

Kesalahan pasting sering terjadi, namun ada hal nya kita harus sering mengoreksi diri masing-masing dan belajar dari hal-hal tersebut. Tetap semangat dan teruslah berbisnis!