ARTIKEL
- 28 Dec 2020

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Makan Bersama Keluarga

Kimbo Fams, makan bersama keluarga adalah momen tepat untuk hadirkan kehangatan keluarga. Selain menikmati hidangan masakan bersama-sama, kebiasaan ini menjadi momen terbaik untuk saling sharing cerita dan memahami satu sama lain.

Apalagi kalau semuanya punya kesibukan masing-masing, ayah atau ibu bekerja, sedangkan anak-anak punya dunia masing-masing. Sebaiknya, Kimbo Fams luangkan waktu bersama sejenak ketika sarapan atau makan malam.

Di balik rutinitas yang terdengar sepele, ternyata makan bersama keluarga mempunyai banyak manfaat. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, langsung simak ulasan berikut ini ya.

 

Libatkan semua dalam pemilihan menu di meja makan

Hidangan masakan favorit bukanlah hal yang sepele lho. Sebaiknya, libatkan semua anggota keluarga dalam pemilihan menu agar tak ada lagi yang ‘kurang selera’ untuk makan. Apalagi sampai memaksa anak untuk makan atau menghabiskan makan.

Pilih makanan yang menjadi favorit keluarga atau sediakan menu bermacam-macam sesuai selera. Jangan sampai yaa, momen spesial justru menjadi berantakan.

 

Ceritakan hal-hal menyenangkan kepada keluarga

Ada yang bilang, jika sedang makan jangan sambil mengobrol. Benar sih, tetapi kita bisa saling curhat atau sharing cerita ketika sebelum atau sesudah makan. Kuncinya ketika momen ini adalah jangan saling menyela pembicaraan atau ingin merasa paling didengarkan.

Semua cerita itu berharga, entah cerita kecil sehari-hari maupun cerita pengalaman tak terlupa.

 

Saling mendengarkan dan memahami

Kunci komunikasi adalah saling mendengarkan dan memahami. Mendengarkan cerita orang lain adalah bentuk penghargaan. Sementara, memahami setiap cerita adalah tanda kasih sayang kepada orang lain.

Setelah menyimak cerita anggota keluarga lain, sebaiknya berikan tanggapan, saran, atau solusi agar orang yang bercerita menjadi senang. Jadi, jangan merasa ingin didengar sendiri yaa. 

 

Hindari bermain gadget ketika di meja makan

Gadget memang alat yang tak terpisahkan di dalam keseharian kita. Namun, bukan berarti kita tak tahu ruang dan waktu yang tepat untuk memakainya, contohnya, adalah momen berkumpul di meja makan. Sebaiknya jauhkan gadget atau matikan sementara ketika Family Time.

Tak lucu sama sekali, jika waktunya kumpul keluarga, justru Ayah sibuk baca berita, Ibu lebih suka lihat list belanja online shop, atau anak yang terus main game. 

 

Berdoa sebelum makan

Ketika kita sedang berkumpul bersama di meja makan, jangan pernah lewatkan untuk berdoa sebelum makan. Selain bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas makanan yang diberikan, momen ini juga menjadi refleksi atas aktivitas apa yang sudah dilakukan sepanjang hari. Setelah berdoa, pastikan menyantap makanan dengan tidak terburu-buru yaa…


Nah, Kimbo Fams sekarang sudah tahu kan manfaat dari makan bersama keluarga di meja makan. Mulai sekarang, yuk coba luangkan waktu bersama, saling bercerita, dan tentunya siapkan hidangan terbaik dari Kimbo!