ARTIKEL
- 29 Jun 2022

Macam-macam Bubur dari Sabang-Merauke

Kuliner Indonesia selalu mempunyai daya tariknya tersendiri. Indonesia juga mempunyai banyak ragam kuliner yang yang disajikan di tiap-tiap daerah dengan cita rasa yang tentunya berbeda-beda. Tidak heran, kalau para wisatawan asing banyak yang datang berkunjung hanya untuk makan masakan Indonesia yang sangatlah lezat.

Berikut ini adalah 5 daftar bubur dari Sabang sampai Merauke khas Indonesia yang harus banget masuk list notes kulineranmu.

 

Bubur Ayam Betawi

Bubur ayam Betawi mempunyai rasa yang gurih karena ada campuran santan saat proses memasaknya. Bubur ayam betawi sangat cocok disantap saat sarapan. Bubur ini mempunyai ciri khas dari bubur ayam lainnya. Yaitu, adanya penggunaan tahu goreng, labu siam, kuah santan, dan telur rebus.

 

Bubur Ayam Cirebon

Bubur ayam Cirebon sudah cukup terkenal, terutama saat sarapan pagi. Bubur ini disajikan dengan kuah kuning yang mempunyai rasa gurih. Kuah bubur ayam Cirebon terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan, seperti biji pala, kaldu ayam, dan rempah lainnya.

 

Bubur Ayam Aceh

Pada saat bulan Ramadan, biasanya tempat-tempat ibadah di Aceh menyediakan kanji rumbi untuk makanan berbuka bagi para jemaah atau pelancong yang sedang singgah. Bubur ayam aceh ini dimasak dengan santan, kaldu daging, dan berbagai jenis rempah nusantara.

 

Bubur Manado

Bubur Manado atau yang kerap dipanggil “Tinutuan” adalah jenis bubur yang mempunyai rasa berbeda. Bubur ini menggunakan banyak sayuran seperti, jagung, singkong, labu, sayur kangkung, dan sayur kemangi. Tinutuan dapat disajikan dengan sambal terasi dan ikan asin yang sudah digoreng.

 

Bubur Singkawang

Bubur Pekong atau bubur Singkawang adalah bubur khas di daerah Singkawang atau Vihara Tri Dharma Bumi Singkawang. Bubur ini sering menjadi menu sarapan para warga yang tinggal di daerah Vihara Tri Dharma Bumi Singkawang atau pun para turis yang berkunjung ke Singkawang.

 

Nah, Adakah salah satu menu bubur yang jadi kesukaanmu dan mengingatkanmu akan kampung halaman? Tenang aja, bubur-bubur ini bisa kamu sajikan sendiri di rumah lho. Karena sudah banyak orang yang membuat resep-resep macam bubur ini dengan melihat di Internet. Untuk mengetahui kreasi resep masakan lainnya, kamu bisa kunjungi website https://kimbo.id/ 

Happy Cooking!