ARTIKEL
- 18 Feb 2021

Tips Cerdas Memilih Bakso yang Aman

Bakso merupakan menu favorit banyak masyarakat Indonesia. Terbukti hampir di semua wilayah di Indonesia terdapat penjual bakso, mulai dari pedagang kaki lima, warung, hingga restoran. Karena tak hanya nikmat, menu yang satu ini juga praktis dan harganya cukup terjangkau. Namun, terkadang kita mendengar ada bakso yang dicampur bahan kimia oleh orang tak bertanggung jawab, tentu ini meresahkan masyarakat. 

Selain itu, ada yang beredar di masyarakat bahan pembuatan bakso dari daging yang dilarang dan berbahaya. Ada juga bakso yang disimpan dengan kurang tepat, sehingga kurang segar dinikmati, tetapi tetap disajikan tanpa mengindahkan keamanan pelanggan. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman agar tahu bakso yang aman serta higienis itu seperti apa. 

Berikut ini beberapa tips untuk memilih bakso yang aman untuk keluarga Anda tercinta.

 

Lihat warna bakso

Salah satu cara mengecek kualitas bakso adalah dengan melihat warnanya. Bakso yang berwarna abu-abu, menandakan daging sapi yang memiliki kandungan lebih banyak. Apabila warna bakso pucat, artinya kandungan tepung lebih banyak. Apabila warna bakso pucat kekuning-kuningan, artinya bakso tersebut sudah ditambah bahan kimia berbahaya untuk pengawet. 

 

Cek aroma bakso

Bakso daging sapi memiliki aroma khas natural daging sapi. Begitupun bakso daging lainnya, pasti sesuai dengan bahan utamanya. Apabila kita justru menemukan aroma bahan kimia menyengat, bisa jadi bakso tersebut sudah ditambah bahan-bahan kimia berbahaya, seperti boraks dan formalin. 

 

Periksa kekenyalan bakso

Kekenyalan pada bakso dipengaruhi kualitas daging yang digunakan. Apabila dagingnya bagus, maka bakso akan lebih kenyal dengan tekstur yang garing. Selain itu, kadar kandungan daging juga sangat menentukan. Apabila, kadar dagingnya sedikit atau menggunakan tepung lebih banyak, maka teksturnya akan cenderung keras. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih produk bakso yang memiliki kandungan daging lebih banyak dan kualitas dagingnya terjamin. 

 

Pastikan produk bakso itu sudah mendapat sertifikat aman & halal

Produk bakso yang sudah mencantumkan nomor BPOM dan halal, berarti sudah lolos uji terhadap bahan, proses, dan pengemasan. Selain itu, dengan adanya label halal, berarti bakso tersebut bukan berasal dari daging binatang yang dianggap haram oleh hukum agama Islam.

 

Simak tanggal kadaluwarsa

Sebelum mengonsumsi atau mengolah bakso, sebaiknya cek tanggal kadaluwarsa pada kemasan. Karena, tanggal kadaluwarsa menunjukkan keamanan, kualitas, dan kesegaran produk serta menjadi peringatan bahwa produk tersebut sebentar lagi akan rusak. Selain itu, perhatikan juga cara penyimpanannya. Bakso sebaiknya jangan disimpan dalam suhu ruangan, melainkan simpan dalam kulkas, agar bakso lebih awet dan kualitasnya tetap terjaga.  

 

Kimbo Bakso Sapi Istimewa hadir untuk menemani Anda, menghadirkan momen istimewa menikmati hidangan bakso spesial bersama keluarga. Produk ini adalah solusi memilih bakso yang higienis, kaya akan protein, dan bercita rasa tinggi. Selain mengandung daging berkualitas dan lebih banyak, produk Kimbo memiliki standar yang mengimplementasikan GMP, HACCP, sertifikasi Halal dari MUI, BPOM, dan ISO 22000: 2005 (Food Safety Management System). 

Butuh produk bakso yang aman dan berkualitas? Yuk, pilih produk yang terpercaya seperti Kimbo Bakso Sapi Istimewa di link berikut: https://kimbo.id/produk/kimbo-bakso-istimewa-besar-isi-40